4 Kebiasaan Pengguna yang Bikin Smartphone Tidak Awet

Tahun ke tahun terus berganti, smartphone pun sama berganti model. Namun, belum banyak orang yang paham dalam memakai smartphone tak cepat rusak.

Banyak orang hanya bisa memakai smartphone itu tanpa tahu agar smartphone itu bisa dipakai lama alias awet. Bahkan beberapa pengguna smartphone memiliki kebiasaan yang mana dapat membuat smartphone tidak awet.

Berikut empat kebiasaan para pengguna smartphone yang dapat membuat perangkat cepat rusak atau tidak awet.

1. Meremehkan cache

Banyak para pengguna smartphone suka meremehkan cache. Cache bila dibiarkan akan semakin menumpuk. Ujung-ujungnya kinerja android pun terganggu.

Untuk menghapus cache, coba pilih setting > storage>cache data> kemudian hapus cache yang ingin kita hapus.

2. Suka melupakan pada memori internal

Biasanya juga para penguna mengindahkan untuk menjaga ruang memori internal, kadang sampai penuh memorinya.
Karena hal ini dapat memengaruhi kinerja smartphone. Biasakan untuk tak memenuhi file
dalam memori. 

Sisakan ruang dalam memori sebesar1 GB s.d. 2 GB agar sistem bekerja dengan leluasa.

3. Banyak menyimpan foto

Pengguna smartphone pastinya suka berswafoto ria dengan kawannya. Hal ini merupakan kebiasaan banyak orang, tapi disayangkan bila hasil fotonya memenuhi album bawaan pada smartphone Anda. Bila itu hal terjadi maka akan memengaruhi kerja RAM menjadi berat.

Solusinya pakailah aplikasi Google Photos. Maka foto dan video bila tersimpan di Google Photos tak akan menganggu memori dalam smartphone Anda karena meenggunakan bawaan memori dari Google Photos.

4. Smartphone dicas saat tidur

Satu di antara hal yang sering dilakukan oleh pengguna adalah mengecas smartphone saat tidur. Karena bila ini terus diulang-ulang maka daya baterai akan cepat turun.

Pengisian baterai paling lama membutuhkan satu jam. Jadi alangkah baiknya menunggu sambil melakukan aktivitas lain.
Jangan pas tidur atau sambil memakai smartphone. Bila mengecas sambil memakainya maka baterai akan kerja berat. Alhasil usahakan saat mengisi baterai smartphone itu dalam keadaan dimatikan penuh.

Bacaan Terkait