4 Fakta Unik Seputar Xiaomi, Sang Penakluk Pasar Smartphone

Xiaomi merupakan vendor smartphone asal China yang berhasil mengalahkan pesaingnya yaitu Oppo dan Vivo. Seperti apa kehebatan Xiaomi di pasar Indonesia?

Xiaomi, bak bangsa Mongol yang keluar dari persembunyiannya dan langsung menaklukkan dunia dalam sekejap. Kesuksesan Xiaomi tak hanya dari harganya yang ramah dompet, spesifikasi dan fitur yang ditawarkan pun juga tak kalah kualitasnya dari produk-produk besar lainnya.

Kesuksean itu pun bukan tak berdasarkan fakta. Dilansir dari detik, Xiaomi telah mempunyai 500 juta pengguna aktif di seluruh dunia hingga saat ini. Hal itu menjadikan Xiaomi sebagai perusahaan smartphone terbesar keempat dalam kurun waktu 2 tahun terakhir.

Dibalik semua kesuksesan perusahaan adidaya ini, ternyata Xiaomi juga menyimpan beberapa fakta yang menarik untuk diikuti loh. Berikut adalah fakta-fakta seputar xiaomi, sang penakluk pasar smartphone

1. Namanya Mempunyai Banyak Arti

Xiaomi sendiri terdiri dari kata Xiao (sedikit) dan mi(nasi), yang mana bila digabungkan menjadi “nasi kecil”. Mengacu pada filsafat budha yang berarti jika ingin berada di puncak, mulailah dari suatu yang kecil.

Kata MI sendiri merupakan singkatan dari Mobile Internet, namun pihak Xiaomi pernah mengatakan bahwa MI adalah singkatan dari Mission Impossible. 

2. Berawal Dari Sebuah Startup

Startup sendiri adalah jenis bisnis yang baru berdiri dan bertujuan untuk menguasai pasar. Pada tahun 2015, Xiaomi telah melewati Uber sebagai startup yang paling cepat berkembang.  Di negara asalnya, Xiaomi bahkan disebut-sebut sebagai Applenya Tiongkok. Hingga kini, Xiaomi sendiri sudah membuka 500 kantor di berbagai negara dunia dengan lebih dari 16.000 karyawan.

3. Maskot yang Sangat Unik

Maskot Xiaomi sendiri adalah kelinci bernama Mitu yang mengenakan topi Ushanka yang terdapat bintang merah serta memakai syal yang berwarna merah pula. Topi Ushanka berasal dari Rusia yang biasa dipakai saat turun salju. Namun topi ini juga biasa dipakai oleh tentarra Tiongkok.

4. Profitnya Ternyata Kecil

Xiaomi pernah memecahkan rekor dengan menjual 15 ribu pcs produknya di India dalam 2 detik. Pada tahun 2013, omset yang mereka hasilkan mencapai angka Rp57 triliun. Namun siapa sangka? Ternyata Xiaomi hanya meraup keuntungan tak lebih dari 2% atau kurang lebih hanya sekitar Rp774 milyar saja.

Bacaan Terkait